Bahaya Abu Vulkanik Gunung Kelud


Sekarang ini negeri kita sedang dilanda banyak sekali bencana, mulai dari Banjir, Longsor dimana-mana, dan Gunung Kelud Meletus. Tentu ini merupakan musibah yang sedang berada dinegara kita tercinta ini, dan saya menghimbau kepada seluruh orang yang kotanya terkena abu Vulkanik dari G. Kelud, (termasuk kota saya juga terkena) dan daerah sekitar dari Jatim, Jateng, dan Jabar, untuk menggunakan Masker.
Kenapa abu Vulkanik sangat berbahaya bagi kesehatan ? Silahkan disimak dibawah ini

  1. Kesehatan pernapasanBeberapa gejala ketika seseorang mulai terkena masalah akibat abu vulkanik, antara lain:

    - Iritasi saluran pernapasan dan keluarnya ingus
    - Iritasi tenggorokan, radang tenggorokan, dan batuk kering
    - Sakit pada dada, batuk, napas pendek-pendek, napas berbunyi, dan sesak napas
    - Bernapas menjadi tidak nyaman dan sulit.

    Abu vulkano terutama sangat berbahaya pada orang yang memiliki masalah pernapasan sebelumnya, seperti asma, sakit paru-paru, atau bronchitis. Jika ada orang yang memiliki masalah pernapasan, sebaiknya segera diamankan di tempat yang tak terkena abu vulkanik, karena efeknya pada kesehatan mereka akan lebih parah.
  2. Mata
    Orang yang paling berisiko terkena iritasi jika ada hujan abu vulkanik adalah orang yang memakai lensa kontak. Sebaiknya lepas lensa kontak dan gunakan kacamata untuk melindungi mata Anda. Masalah yang bisa disebabkan oleh abu vulkanik pada mata, antara lain:

    - Iritasi mata
    - Mata gatal, sakit, dan terasa tak nyaman
    - Mengeluarkan air mata terus-menerus, atau mengeluarkan kotoran mata (belek)
    - Abrasi pada kornea dan goresan pada mata
    - Peradangan pada bola mata karena abu vulkanik yang bisa menyebabkan rasa terbakar, mata merah, dan penurunan daya penglihatan.

    Ketika ada abu vulkanik yang masuk ke mata, jangan digosok atau dikucek, karena hal ini akan semakin memperburuk iritasi serta bisa menyebabkan abrasi dan goresan pada kornea. Selain itu, abu vulkanik juga mengandung zat-zat yang bisa berbahaya untuk kesehatan mata.
  3. KulitTak hanya pernapasan dan mata, kulit juga bisa mengalami efek buruk ketika terkena abu vulkanik. Meski jarang dan tak selalu dialami oleh semua orang, namun abu vulkanik juga bisa menyebabkan iritasi kulit. hal ini biasanya jika abu vulkanik disertai dengan zat berbahaya, atau karena kulit yang sensitif.
    (Sumber : Merdeka.com)
Seperti ini jika abu Vulkanik dilihat dari Mikroskop
Itulah beberapa efek buruk yang harus diwaspadai ketika ada hujan abu vulkanik. Gunakan perlengkapan kesehatan seperti kacamata, masker, dan baju lengan panjang untuk melindungi kulit Anda.

Selain masalah kesehatan, semua orang sebaiknya waspada ketika berkendara, karena hujan abu vulkano juga bisa masuk ke dalam mesin dan membuat kendaraan berhenti. Selain itu, hujan abu juga membuat jarak pandang terbatas.

Sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat untuk kita seamua. Amin :)

0 Response to "Bahaya Abu Vulkanik Gunung Kelud"

Post a comment